Tips anak susah makan
Grandparents

Baruterus.com – Anda memiliki anak yang gemar memilih menu makanan atau malas menyantap hidangan anda sehingga anda mencari tips anak susah makan? Selamat anda membaca artikel yang tepat. Cara dibawah ini bisa membantu menyelesaikan masalah anda.

1. Penampilan itu penting
Manakah pilihan anda, memakan hidangan yang terlihat seperti lumpur dicampur kaus kaki kotor dengan letupan kecil seolah olah dimasak dengan bahan berbahaya atau hidangan tertata rapih dengan harmonisasi bahan sempurna seolah olah hidangan tersebut adalah mahluk terindah yang pernah ada? Terlepas dari rasa hidangan itu sendiri, kebanyakan orang atau anda sendiri akan memilih hidangan dengan penyajian yang mengundang selera. Berkacalah pada diri anda, logis saja, jika anda ogah menyantap hidangan yang penampakannya tidak menarik, kenapa anak anda bisa berharap si kecil mau menyantap hidangan berpenampilan biasa yang anda sajikan?

Tidak, anda bukan dituntut menjadi chef berbakat yang setidaknya anda pernah lihat di acara kompetisi memasak. Anda hanya diminta untuk berpikir di luar lingkup anda biasanya, anda perlu sedikit kreatif. Misal saja, biasanya anda memasak nasi goreng hanya menaruh nasi goreng begitu saja di atas piring, coba menata nasi goreng seperti panda dengan cara membentuk nasi menjadi lingkaran besar, nugget sebagai telinga, potongan sosis sebagai mulut, dan kecap atau saus sebagai mata. Langkah sederhana yang menuntut kreatifitas anda seperti itulah yang bisa membuat sesi makan anak menjadi lebih berwarna nan berbeda. Apalagi, saat ini sudah banyak komunitas ibu – ibu masak cara kreatif seperti contoh tadi, komunitas komunitas ini bahkan bersedia saling berbagi resep yang bisa anda coba. Pasaran telah membaca pergerakan perilaku bunda seperti ini, terlebih Jepang, sehingga anda bisa mencoba seni ‘bento’ atau penataan makanan dengan membeli peralatan cetak untuk makanan.

 

2. Coba beragam menu
Salah satu ahli anak bernama Cheri Fraker, penulis ‘siklus makan: 6 langkah solusi ampuh untuk menghentikan kebiasaan pilih-pilih makanan, kesulitan menyuapi, dan memperluas menu makan anak’ menemukan tips anak susah makan efektif namun tidak biasa. Umumnya orang tua malah tidak menawarkan anaknya menu yang sama apabila anak tersebut menolak dan hanya menawarkan makanan yang disukai si kecil, kan? Nah, menurut Cheri Ferker keputusan orang tua menarik menu makanan dan hanya menyediakan menu favorit,  membuat anak tidak maju dan memperparah kondisinya. Hal yang tepat dilakukan adalah memperluas menu makanan anak mulai dari bahan makanan yang malaikat kecil anda sukai.


Sebagai contoh, selama ini anak anda suka kentang goreng merek A, maka dari itu anda sering menyediakan kentang goreng. Tahap selanjutnya, setelah anda yakin anak benar benar menyukai kentang goreng A, kini coba memasak kentang merek A dengan cara berbeda namun memiliki tekstur yang sama, seperti kentang tumbuk atau hash browns. Anak anda kemungkinan akan merasa heran karena bentuk kentang berubah, tapi setelah ia mencoba satu sampai tiga gigitan, ia akan sadar bahwa hidangan di depannya tidak jauh berbeda dengan yang biasa si kecil santap. Kembali ke tahap awal, sekali anak terbiasa memakan hash browns, kembali ganti pola memasaknya memakai hidangan dengan tekstur sedikit berbeda seperti kentang rebus. Begitu terus, berulang ulang, lambat laun menu makanan anak anda akan lebih luas dan beragam.


Kunci dari daftar tips anak susah makan ialah kesabaran dan adaptapsi. Anak yang suka pilih pilih makanan secara garis besar memiliki indera perasa yang sensitive dari lahir. Jika anda mengambil langkah untuk memaksanya menyantap apapun yang anda hidangkan, ia bisa merasa benci dengan anda maupun hidangan apapun yang anda sediakan. Karena langkah Cheri Farker layaknya angin, terasa namun tidak nampak jelas, maka anak tidak akan sadar bahwasannya anda sedang mendidik anak ke arah yang lebih baik. Anda tidak perlu melihat si kecil meraung raung dipaksa makan dan si kecil pun merasakan kasih sayang anda.

3. Biarkan anak kelaparan
Tak perlu buru – buru menutup laman ini karena anda kira tips berikut akan membuat anda menyiksa anak anda dengan membiarkannya kelaparan, bukan, mari dibaca terlebih dahulu. Salah satu kemungkinan anak anda sulit diajak makan adalah terlalu banyak kudapan yang ia makan saat bosan. Sama seperti anda, dan manusia pada umumnya, rasa bosan memicu hasrat untuk makan, maka dari itu kehadiran kudapan sangat diterima dengan baik. Hanya saja, perut anak anda sangatlah minim, jika anda sering memberi makan saat bosan maka anak anda terbiasa nyemil dan hal ini berdampak buruk pada jadwal makan yang sebenarnya.


Apabila kebiasaan nyemil sudah telanjur melekat pada anak, anda akan butuh ide, kesabaran dan perhatian pada anak lebih besar. Pasalnya andalah yang harus menyenangkan hati anak ketika ia merasa mulai bosan. Ingat, lapar karena bosan dengan lapar betulan tentu berbeda. Anda bisa mengajak anak berjalan jalan, menggambar, bermain pesawat pesawatan, boneka, atau menari bersama, pokoknya apapun yang bisa mengalihkan pikiran anak dari kudapan yang biasa anda sediakan. Kudapan sehat sekalipun hanya menghambat perut anda dan membuat anak anda makin malas untuk makan. Kunci tips anak susah makan yaitu membuat sesi makan besar adalah sesi yang patut disyukuri, karena menarik kudapan akan membuat rasa lapar berlapis.