3 Masalah Umum Smartphone

Baruterus.com – Kecanggihan teknologi dan komunikasi kini kian terasa dengan hadirnya ponsel pintar atau yang sering di sebut dengan smartphone. Dengan adanya smartphone ini, maka fungsinya menggantikan komputer dan laprop. Seperti namanya, ponsel pintar adalah ponsel yang disusun dan diciptakan dengan berbagai kecanggihan di dalamnya dimana tidak dimiliki oleh ponsel-ponsel sebelumnya. Namun jangan sangka, meskipun namanya ponsel pintar ternyata smartphone juga masih mempunyai masalah dan gangguan. Lalu apa saja masalah pada smartphone dan cara mengatasinya?

Kini, kita tak perlu lagi harus menggunakan komputer atau laprop karena sebagian fungsi komputer dan laptop terdapat pada smartphone. Terbukti, kita selalu membawa smartphone kemana pun. Ukurannya yang cukup ramping dan kecil membuat orang suka membawanya karena tidak memerlukan tempat banyak dan cukup simpel dibawanya. Aplikasi yang terdapat pada smartphone juga menggambarkan kecanggihan yang terdapat dalam smartphone. Kita dapat melakukan berbagai cara hanya dengan menggunakan smartphone.

Kini hampir setiap orang menggunakan smartphone. Semakin berkambangnya zaman dan semakin majunya teknologi, smartphone hadir dengan berbagai fitur menarik dan semakin bertambah canggih setiap waktunya. Akan tetapi, ternyata di balik kecanggihan yang dimiliki, smartphone ternyata masih memiliki kekurangan dan masalah yang sering kali membuat pengguna tidak nyaman. Untuk mengetahui apa saja masalah yang ada pada smartphone dan bagaimana mengatasinya, berikut kami berikan sedikit informasi mengenai masalah-masalah yang ada pada smartphone dan bagaimana cara mengatasinya.

Masalah-Masalah Umum pada Smartphone

Masalah-masalah yang ada pada smartphone ada berbagai macam. Meskipun namanya ponsel pintar, semua ciptaan manusia tidak ada yang sempurna. Jadi, pasti ada saja masalah atau gangguan yang terjadi. Berikut ini beberapa masalah dan gangguan yang biasa terdapat pada smartphone dan cara untuk mengatasinya.

  • Ponsel yang cepat panas

Masalah yang paling sering terjadi pada ponsel pintar atau smartphone adalah memanasnya temperatur smartphone. Hal ini sangat umum terjadi dan tidak mengenal merk karena masalah ini adalah masalah yang biasa terjadi.  Hal bisa jadi disebabkan oleh software yang ada di dalam ponsel. Mungkin hal ini terjadi karena versi software yang tidak sesuai atau sudah tidak update. Nah, jika memang masalahnya ada pada software maka Anda bisa melakukan konfirmasi dan konsultasi pada otlet resmi smartphone Anda agar dilakukan pembaharuan maupun perbaikan jika mengalami kerusakan.

Jika tidak, Anda bisa memeriksa aplikasi yang Anda miliki di smartphone Anda. Apakah aplikasi tersebut yang menyebabkan ponsel Anda cepat memanas. Atau bisa juga karena Anda tidak membersihkan riwayat atau task aplikasi ketika ponsel sudah tidak digunakan. Jadi, meskipun aplikasi sudah dikeluarkan jika tasknya belum dibersihkan maka sama saja akan menambah kinerja smartphone sehingga dapat membuat smartphone cepat memanas.

  • Baterai mudah habis / menyusut.

Masih berhubungan dengan masalah yang pertama tadi, akibat memanasnya ponsel sering kali menyebabkan daya baterai juga ikut menyusut. Masalah baterai sepertinya merupakan yang umum terjadi termasuk smartphone yang berbasis Android. Mudah menyusutnya baterai ponsel pintar dapat dikarenakan banyak hal, salah satunya adalah menggunakan ponsel ketika masih di charge. Sehingga baterai justru melemah dan baterai cepat sekali habis atau boros.

  • Kinerja smartphone yang melambat (lemot)

Masalah yang juga umum dan biasa terjadi adalah kinerja smartphone yang semakin melambat alias lemot. Masalah ini tentu sangat mengganggu pengguna karena memerlukan banyak waktu untuk mengoperasikan fitur atau aplikasi. Jika smaratphone Anda sudah mengalami hal demikian maka sebaiknya gunakan asplikasi yang benar-benar digunakan saja dan hapus aplikasi yang membuat penyimpanan penuh.

Demikian itulah masalah-masalah umum pada smartphone dan cara mengatasinya. Untuk menghindarinya, gunakan ponsel pintar sesuai kapasitasnya, jangan terlalu meggunakan banyak aplikasi apalagi jika tidak perlu. Sedangkan untuk tablet, berikut ini adalah artikel cara mengatasi tablet cepat panas.

Image Source: thedevicesupport.com