3 Cara Sederhana Mengatasi Insomnia

Baruterus.com РInsomnia sepertinya sudah menjadi masalah dan penyakit yang di alami oleh banyak orang. Seperti yang diketahui bahwa insomnia ialah gangguan yang terjadi pada seseorang yang menyebabkan sulitnya untuk tidur nyenyak. Bukan hanya dialami oleh mereka dengan usia lanjut, namun insomnia juga banyak dialami oleh anak muda. Insomnia menyebabkan seseorang sulit untuk bisa tidur yang akibatnya berdampak pada kondisi tubuh yang mudah lelah, gelisah yang berlebihan dan dampak lainnya. Namun, tenang dalam kesempatan ini kita akan membahas 3 cara sederhana mengatasi insomnia.
Banyak orang yang sering mengesampingkan gangguan kesehatan yang satu ini. Padahal, sebenarnya insomnia tidak boleh di biarkan begitu saja. Insomnia dapat terjadi berulang-ulang kali jika Anda menyepelekannya. Dampak yang ditimbulkannya juga tidak bisa dianggap enteng, yaitu seperti badan yang mudah lelah, mata menjadi berat, hingga dampak penting lainnya seperti sakit kepala, gelisah yang berlebihan dan depresi.
Insomnia sering kali terjadi disebabkan oleh banyak faktor. Seperti pola hidup yang kurang baik, terlalu banyak mengkonsumsi kafein, hingga stress. Pola hidup yang kurang baik sepertinya menjadi penyebab utama sering menyebabkan orang mengalami insomnia. Orang sering mengabaikan pola hidup sehat dan pola tidur yang baik. kebiasaan sering menunda-nunda tidur hingga larut malam menjadi bibit yang memacu timbulnya penyakit insomnia ini.
Tips dan Cara Sederhana Mengatasi Insomnia yang Mengganggu.
Telah dibahas sebelumnya bahwa insomnia ini terjadi kebanyakan karena pola hidup yang kurang baik. Lalu bagaimana cara mengatasi insomnia? Pasti banyak dari Anda yang sering menanyakan hal demikian. Ya, mungkin obat-obatan menjadi pilihan banyak orang begitu juga dengan Anda. Akan tetapi, harus juga diketahui bahwa ada dampak atau efek samping yang sering ditimbulkan oleh obat-obatan yang Anda konsumsi untuk mengatasi insomnia.
Nah, kali ini kami akan berikan sedikit informasi mengenai tips dan cara yang sederhana mengatasi insomnia yang mengganggu selain dari dokter dan obat-obatan.
Matikan lampu dan sugesti sebelum tidur.
Mematikan lampu dan mensugestikan pikiran Anda untuk segera tidur dapat membantu Anda dalam mengatasi penyakit insomnia. Ketika pikiran Anda telah mendapat isyarat untuk segera tidur maka akan memacu otak Anda dan bagian tubuh lain untuk segera merespon dan tidur.
– Atur Pola Makan
Salah satu penyebab insomnia yang lain adalah karena terlalu banyak mengkonsumsi kafein. Kafein dapat berasal dari kopi maupun makanan-makanan yang mengandung kafein atau kopi. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya insomnia Anda harus menjaga pola makan yaitu mengurangi dan meminimalisir kandungan kafein masuk ke dalam tubuh apalagi ketika memasuki waktu tidur.
– Refleksi dan Kurangi Stress
Ketika memasuki waktu tidur, sebaiknya Anda menghilangkan sejenak pikiran dan penat Anda selama seharian penuh. Karena seperti yang diketahui bahwa stress yang terlalu tinggi menyebabkan Anda jadi sulit untuk tidur dan mengalami insomnia. Menghilangkan penat dan masalah dapat Anda lakukan 10 menit sebelum tidur dengan cara merileksasikan tubuh dan pikiran Anda, membaringkan tubuh senyaman mungkin dan bersiap untuk tidur.
Itulah beberapa cara sederhana mengatasi masalah insomnia yang mengganggu yang dapat Anda lakukan dan terapkan setiap hari. Kurangi stress, kebiasaan yang baik dan mengatur pola hidup yang sehat adalah kunci utama menjaga tubuh agar tetap sehat sehingga mencegah timbulnya penyakit-penyakit salah satunya penyakit insomnia ini.

Image Source: medicalnewstoday.com