Bunda yang sedang puasa perlu memastikan perkembangan janin sehat selalu. Selain sehat, mungkin bunda juga ingin anak yang cerdas dan sehat sehingga kelak berguna bagi keluarga, masyarakat, nusa dan bangsa. Nah, bunda bisa konsumsi 10 makanan ini pada saat berbuka ataupun sahur. Bila dilakukan terus menerus, pastinya perkembangan otak dan pertumbuhan si kecil akan berjalan dengan baik. Simak apa saja yuk.

  1. Salmon

Ikan dari dulu dipercaya membawa pengaruh yang tinggi pada otak si kecil. Nah, dari sekian banyak ikan, salmon adalah ikan yang mengandung omega 3 paling banyak. Ikan salmon tentunya tidak boleh dimakan mentah, tetapi bisa direbus, kukus atau dipanggang hingga matang. Tanpa perlu banyak menggunakan garam, hidangan salmon akan menjadi makan sehat dan lezat untuk bunda dan janin.

  1. Telur

Telur adalah makanan tinggi protein yang sangat mudah ddapatkan dengan harga terjangkau. Telur bahkan dipercaya bisa memenuhi kebutuhan protein manusia sehari. Selain protein dan vitamin, telur mengandung Choline yang bisa membantu perkembangan otak janin.

  1. Produk Susu

Produk susu seperti susu, yogurt, keju dan masih banyak lagi mengandung aneka vitamin seperti vitamin B, zat besi dan magnesium. Minum susu juga kaya akan kalsium yang memperkuat tulang bayi dan bunda. Beberapa susu formula mengandung probiotik sehingga kandungan terhindari dari bakteri, alergi dan infeksi.

  1. Minyak Ikan

Minyak ikan yang berasal dari ikan kod sangat mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan si kecil. Tak terkecuali perkembangan penglihatan sekaligus otak. Mari bunda yang sedang hamil, jangan lupa dikonsumsi ya. Kalau tidak suka yang cair, bunda bisa konsumsi versi kapsul kok.

  1. Ubi

Ubi adalah salah satu karbohidrat kompleks yang kaya akan serat dan vitamin. Di dalamnya juga banyak terkandung zat-zat penting untuk membangun sel-sel sehat pada janin. Selain itu ubi juga bisa membuat bunda terhindar dari kembung.

  1. Berries

Buah berries seperti strawberry, blueberry dan buah-buah lainnya kaya akan vitamin C. Vitamin ini meningkatkan imun pada anak dan membuat kulit bayi tetap sehat sehingga pertumbuhan jain bagus.

  1. Kacang Polong

Kacang polong sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan kudu dikonsumsi sejak awal kehamilan. Kacang polong ini memiliki manfaat menjaga kesehatan janin dan ibu serta menjaga berat badan bayi ideal dan tidak lemah saat persalinan.

  1. Sayuran Hijau

Bunda perlu memperbanyak konsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli, cai sim dan masih banyak lagi. Sayuran hijau biasanya mengandung antioksidan, vitamin A, kalsium, potassium dan kaya akan serat. Hasilnya perkembangan janin akan selalu sehat dan bunda tidak gampang terkena sakit penyakit selama kehamilan.

  1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung lemak yang sehat alias tidak jenuh. Lemak yang sehat akan mendukung kenaikan berat badan janin secara normal. Selain itu alpukat juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin B, E dan K!

  1. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak adalah daging terbaik yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain proteinnya yang tinggi, kandungan zat besinya bisa membantu produksi sel darah merah sehingga bunda tidak gampang pusing dan oksiden ke janin tetap lancar.

Selain sepuluh makanan sehat di atas, bunda juga kudu minum air putih yang banyak pada saat berbuka dan sahur ya agar bunda terhindar dari dehidrasi. Kekurangan air yang berkepanjangan tidak hanya membahayakan bunda tetapi juga perkembangan janin bisa berhenti. Jadi jagalah selalu kesehatan. Selamat berpuasa Bunda!